Pages

Kamis, 23 Juni 2011

Robot dengan kemampuan bahasa robotnya


Robot ini berhasil dibuat oleh peneliti dari Australia, mereka membuat dua buah robot yang bahkan mampu mengembangkan atau membuat bahasa untuk saling berkomunikasi di antara mereka sendiri.

Robot ini diberi nama Lingoroid, kedua robot mengembangkan bahasa percakapan baik melalui konsep abstrak maupun konsep kongkrit.

Para peneliti tersebut memperkenalkan robot temuan mereka di ajang IEEE Internationall Conference in Robotics and Automotion (ICRA), di Shanghai.

Masing-masing robot di lengkapi dengan platform bergerak, sebuah kamera dan laser range finder serta sonar untuk pemetaan, sistem pengalihan diri dari rintangan dan  yang pasti memiliki mikrofon dan speaker.

Dengan kemampuan robot ini, mereka bisa saling berhubungan. Dengan dasar itu, kedua robot ini bisa bermain bersama sambil mengembangkan kemampuan komunikasi mereka. Misalnya ketika salah satu robot berkata 'kubo' maka kedua robot ini akan berlomba menujuu tempat yang mereka anggap 'kubo'.

Tujuan dari teknik ini diharapkan bisa membantu robot untuk saling berkomunikasi di antara mereka sendiri, bahkan komunikasi dengan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar