Pages

Selasa, 26 April 2011

Membuat Weblog Sendiri

Membuat Weblog sendiri

  • Buka browser, masuk ke website www.blogger.com , lalu pilih “Create your blog now”. Kemudian, kemudian ikuti langkah-langkah berikutnya.
  • Pada halaman berikutnya, beri nama blog Anda pada “Blog Title”. Tulis juga alamat blog anda dalam kotak blog address (URL) sesuai kemauan tapi sebaiknya kita terlebih dahulu periksaURL yang mau kita beri apakah sudah dipakai orang atau belum dengan cara “Check Availability”. Jika belum, anda bisa memakai nama tersebut untuk diberitahukan pada teman dan kenalan anda agar mereka dapat mengunjungi blog anda. Namun, jika alamat blog sudah dipakai orang lain. Google akan memberikan beberapa nama alternatif. Klik tombol “continue”.
  • Langkah berikutnya adalah memilih template. Blogger telah menyediakan berbagai alternatif desain template yang dapat langsung gunakan pada blog anda. Namun anda juga bisa mendownload. Kemudian klik tombol “continue” untuk melanjutkan. Tinggal anda posting blog anda.

Merancang isi Blog

  • Beri judul yang tepat. Sesuaikan isi blog yang akan anda tulis.
  • Sekarang. Anda bisa menuliskan teks atau sekedar meng-copy yang telah anda tulis sebelumnya di file word atau pun notepad (khusus untuk word anda bisa mempublishnya langsung). Anda juga bisa mengeditnya sehingga menjadi lebih menarik.
  • Untuk melihat tampilan. Anda bisa melihat hasil blog anda dengan mengklik tombol “Pratinjau” ataupun preview.
  • Setelah teks selesai dibuat, klik “Publish Post” dan “View Blog”. Tulisan pada blog Anda kini sudah dapat dilihat oleh siapa saja.

Memasang Fungsi Komentar

Untuk menghindari komentar yang bernada kasar atau iklan kedalam blog Anda. Klik menu “setting” pada bagian atas. Di bagian “Comments”, tentukan apakah anda ingin menampilkan komentar atau tidak. Bila dalam kolom “Enable Comments Moderation”? Anda memilih jawaban “Yes”, anda dapat memeriksa semua komentar sebelum komentar tersebut di-publish. Tulis alamat e-mail anda dalam “comment natification address” sehingga Blogger dapat memberitahu anda ila komentar yang baru masuk.
Anda juga dapat membatasi penulisan komentar bagi pengunjung blog tertentu.Caranya, klik menu “setting” , klik “comments” dan pilih “only registered user” atau “only members of this blog” pada “who can comment?”.terakhir klik “save setting”.



Tips menangkal iklan

Hampir semua Blog berusaha menghindari iklan yang tidak diinginkan (spam). Blog anda bisa dengan cepat dipenuhi oleh sampah iklan. Beberapa pemasang iklan bahkan menggunakan Spam-Robots untuk membanjiri blog orang lain dengan iklan mereka. Blogger menyediakan fungsi untuk melindungi Blog anda dari iklan. Fungsi ini menyediakan kotak isian sebagai konfirmasi jika ada komentar tiap pembuat teks untuk mengetik kode konfirmasi di akhir teks. Kode ini akan tampil sebagai grafik. Dengan cara ini, anda paling tidak dapat menangkal Spam-Robots.
  • Klik “Dashboard |setting|comments”.
  • Pada “Show word verfication for comments”, pilih “yes”.
Sebaiknya aktifkan fitur ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar